Saturday, October 21, 2006

bidadari-bidadari mesjid arab

Udah empat kali gue sholat tarawih di mesjid. Karena mesjid Turki biasanya cuma untuk laki-laki jadi gue pilih sholat di mesjid Arab yang punya bagian khusus untuk perempuan. Pertama kali masuk ruangan sholat yang langsung bikin gue terpana adalah perempuan-perempuannya yang luar biasa cantik. Sebenernya bukan pertama kali itu gue liat tampang Arab sih, tapi entah kenapa cewe-cewe yang gue liat di mesjid itu luar biasa cantik dan anggunnya dengan gaun panjang dan jilbab mereka. Ada yang segitu cantiknya sampe gue ngerasa ngeliat bidadari turun dari khayangan. Beneran loh....cantiknya gak nahanin. Mungkin, karena aura mesjid kali ya...bikin cewe-cewe berjilbab itu keliatan tambah cantik.

Yah pastinya yang sholat di situ bukan cewe-cewe cantik aja sih, bagian terbesar jemaah perempuan sebenernya dipenuhi sama ibu-ibu. Ibu-ibu Arab yang badannya gede-gede. Tapi biarpun badannya gede mereka baik-baik loh. Begitu ada tampang asing kaya gue yang sipit-sipit kuning gini, mereka langsung curious sama gue dan langsung nanya dari negara mana asal gue. Setiap kali gue jawab mereka selalu bilang "You are welcome", yang bikin gue sempet sedikit bingung karena gue gak ngerasa bilang "Thank you", hehehhehehe,...maksudnya you are welcome in this mosque kali ya...gue baru ngeh beberapa detik kemudian. Anyway,...seneng juga loh dapet perlakuan hangat kaya gitu. Tapi herannya kemaren ada seorang ibu yang tiba-tiba ngomong ke gue begini:
" Wesye wesye wesye wesye wesye" (something in Arabic lah, gue gak jelas)
"Eh?"
"Wesye wesye wesye"
"Eh? Bitte?"
"Wesye wesye wesye"
"WIE BITTE? Gue gak ngerti, gue bukan orang arab"
"Eh? Bukan orang Arab toh" -----> dengan nada kaget
Jelas sebenernya gue yang lebih kaget. Udah jelas-jelas badan gue bonsai, kulit gue kuning dan mata gue sipit begini masih ada aja yang ngirain gue orang Arab. Mentang-mentang mesjid Arab dikirannya semua jemaah dari bangsa Arab kali ye.

Bukan tampang asia gue aja yang bikin mereka curios, mukena gue gue juga sering jadi bahan obrolan. Banyak yang takjub loh sama perangkat sholat ala Indonesia ini. Banyak yang nanya belinya dimana, bikin gue kepikiranuntuk mengembangkan bisnis mukena emak gue sampe ke sini. Iyalah, orang-orang Arab itu kan sehari-harinya pake gaun besar dan jilbaban, kalo mau sholat mereka tinggal ambil posisi aja, gak perlu gotong2 sarung ama mukena kemana-mana kaya gue. Begitu liat barang baru, mereka jadi terkagum-kagum gitu...ciyeeehhh. Padahal sih sebenernya gue dah malu banget ama tu mukena. Udah empat tahun disini, kayanya baru dicuci beberapa kali deh , warnanya udah gak putih bersih lagi, bagian mukanya malah udah kuning kronis, hiiiyyyyyy. Herannya tiap pulang ke indo, gue selalu lupa buat ambil supply mukena baru.

Gara-gara beda sendiri pake mukena, gue jadi kenalan sama seorang ibu dari Malaysia. Dia kira gue sodara sebangsanya karena di Malaysia kan mukena beredar juga. Ceritanya gue lagi asik-asik bengong ketika tiba-tiba ada yang nyamperin gue sambil ngomong:
"Derimane nih asal?"
Wah, seneng banget ada yang ngomong Melayu juga di sini.
Tapi pas si ibu itu nanya "Duduk mana nih?" Rasanya gue pengen ketawa terbahak-bahak dan hampir tergoda buat ngomong "Yah dari sini duduk di sini aja makcik", sebelum akhirnya gue jawab kalo gue tinggal di daerah deket Flingern.

Sama seperti gue, si ibu itupun suka sholat di mesjid Arab ini karena orangnya ramah-ramah. Begitu ngeliat kita berdua lagi asik ngomong pake bahasa Melayu semua orang langsung pengen kenalan ama gue sambil nanya ke ibu itu "Ahhh...Ihre Tochter?", hueheuheuhue,....mereka kira kita ibu dan anak.

Mungkin karena cuma kita berdua yang dateng dari Asia, keliatannya kita jadi lumayan beken di mesjid Arab itu. Terbukti tadi pas mau pulang tiba-tiba ada bidadari yang nyapa gue. Asli tu cewe cantik banget, jadi pas dia nanya "Loe pertama kalinya sholat di sini?", gue cuma bisa terbengong-bengong menatap wajahnya yang cuantik banget. Setelah sedikit chit-chat (yah emang gak bakal bisa banyak2, bahasa Jerman gitu loohhh, jelas gue mati gaya duluan), gue tanya si badadari ini asalnya dari mana, dan dia jawab dari Maroko. Gue baru mau bilang negara asal gue tapi tau-tau dia udah ngomong duluan "Gue tau,...loe yang dari Indonesia itu kan?"

Aiihhhhh,....gimana gue gak suka sholat disitu. Berasa jadi tamu kehormatan begini.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home